PT PLN Nusantara Power Bersinergi dengan TNI dan Pemdes di Tuban Membangun Dua Rumah Warga

 

Tuban.SGI. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Nusantara Power kembali menunjukkan kontribusi positifnya terhadap pembangunan yang ada di Kabupaten Tuban.

Kali ini, perusahaan plat merah itu bersinergi dengan TNI membangun lapangan voli di Koramil Jenu, Tuban. Termasuk, telah membangun dua rumah warga dengan memanfaatkan sisa abu pembakaran batu bara atau Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari PLTU Tanjung Awar-awar.

“Dua rumah ini berada di Desa Wadung, Kecamatan Jenu,” ungkap Senior Manajer PT PLN Nusantara Power, Abdi Nafi’, dalam acara peresmian rumah FABA, Kamis (30/3/2023).

Ia menyampaikan rasa senang bisa sinergi yang baik, dari sisi BUMN yang diwakili PLN Nusantara menghasilkan sebuah legasi atau peninggalan yang bermanfaat bagi penerima manfaat. Yakni Sutikno dan Afrizal yang merupakan warga Desa Wadung, Kecamatan Jenu.

“Rumah ini berhasil dibangun dalam waktu satu bulan. Bekerja sama antara PLN Nusantara, TNI, dan Pemerintah Desa. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan rumahnya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Menurutnya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan bahwa FABA ini bukan lagi merupakan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Sehingga, dimanfaatkan untuk bahan konstruksi pembangunan.

Saat ini PT. PLN Nusantara Power melalui UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar Tuban telah memanfaatkan sisa pembakaran batu bara atau FABA untuk menjadi bahan konstruksi,” jelasnya.

Abdi Nafi’ kemudian berinisiatif agar FABA bisa bermanfaat untuk masyarakat. Selain untuk bahan konstruksi, FABA juga telah dikembangkan sebagai penahan ombak di Kabupaten Rembang, serta digunakan campuran semen dan pabrik di Gresik dan Mojokerto.

“Kami mohon doanya kepada pemilik rumah FABA, semoga operasi PLN Nusantara Power di Tuban berjalan lancar dan rumah FABA membawa kebaikan bagi penghuninya,” terangnya.

Program tersebut di sambut baik Camat Jenu, Yoeliani Endang Poerwati. Ia menilai program ini merupakan bentuk sinergi dalam rangka mengangkat dan mensejahterakan warga Wadung," kata Kecamatan Jenu.

“Dengan inovasi ini juga bisa membuka pikiran dan semangat masyarakat, secara bersama-sama bisa memanfaatkan limbah FABA,” ungkapnya.

Setidaknya ini menjadi alternatif pekerjaan dan menguntungkan bagi masyarakat. Untuk saat di Koramil dimanfaatkan untuk pembuatan paving. Ini peluang masyarakat Jenu agar bekerja sama dengan PLN Nusantara Power. Selain itu Kecamatan Jenu juga sudah diberi bantuan produk FABA, akhirnya lingkungan menjadi bersih.

“Saya berpesan kepada pemilik rumah FABA agar menjaga rumah agar tetap baik dan sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Arizal salah satu penerima manfaat dari program tersebut mengaku senang dapat menempati rumah FABA bantuan dari PLN Nusantara Power. Dia bersama istrinya sebelumnya tidak memiliki tanah dan rumah layak.

“Alhamdulillah sekarang bisa menempati rumah layak. Terima kasih PLN Nusantara Power yang bersinergi dengan Koramil Jenu dan Pemdes Wadung,” katanya.(mar SGI)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال