Jelang Hari Raya Nyepi Umat Hindu di Jember Gelar Upacara Melasti atau Sesuci Laut

 

Jember.SGI. Menjelang hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946/2024, Ratusan umat Hindu di kabupaten Jember hari ini melaksanakan upacara Melasti atau sesuci laut di pantai Paseban desa Paseban kecamatan Kencong, minggu 03/03/2024, upacara ini juga dihadiri dari kabupaten lain seperti Jimbrana Bali, Bondowoso dan Lumajang.

Setelah dilakukan prosesi persembayangan bersama sama dilanjutkan dengan melarungkan sesaji kelaut sebagai simbul pensucian kepada dewa baruna.

Menurut Mangku Waris dari Kecamatan Umbulsari menjelaskan, hari ini kita melaksanakan upacara Melasti atau larung sesaji di pura Melasti pantai Paseban, Jember yang tujuannya untuk memohon Tirta Suci untuk kesucian Buana Agung dan Buana Alit, dimana buana agung adalah alam semesta dan buana alit alam yang ada pada diri kita ini," jelas mangku Waris.

Kita berdoa mudah mudahan ditahun ini kita senantiasa mendapat anugrah dari yangwidi dan alam selalu stabil serta kita yang melaksanakan upacara ini juga mendapatkan anugrah.

Tahun ini kita mengambil tema Sat Cit Ananda untuk Indonesia Maju yaitu mendoakan Negara kita ini tetap jaya dan senantiasa mendapatkan kesucian," tambahnya.

Senada, Ketua Persatuan Hindu Darma Indonesia Kecamatan Umbulsari Wahyu Widodo juga menerangkan, bahwa dengan tema Sat Cit ini kita semua umat Hindu mendapatkan tirta suci pada pelaksanaan catur brata.

Untuk selanjutnya kita akan melakukan upacara Tawur Agung atau ogo ogo karena waktunya bertepatan dengan saudara kita umat islam melaksanakan ibadah puasa maka di lakukan pada siang hari di desa Sukoreno,"pungkasnya.(h/r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال