Hidupkan Tradisi Jawa, Warga Desa Ngrowok Gelar Sedekah Bumi

 

Bojonegoro.SGi. Hidupkan tradisi jawa atau nguri nguri kebudayaan atau menjaga kearifan lokal,  Desa Nggrowok  kecamatan Dander  Kabupaten Bojonegoro Jawa timur,mengadakan Sedekah bumi, nyadran atau syukuran atas di berikanya rejeki panen yang melimpah ruah, kesehatan dan kesejahteraan oleh alloh SWT, Rabu 20/09/2023.

Acara yang di selenggarakan rutin setiap Tahun disebut dengan, bersih desa, sedekah bumi, atau nyadran, dengan tema mewujudkan Warga Desa Nggrowok  yang aman, maju sejahtera dan Relegius dengan berbasis Gotong royong, murah sandang pangan seger warasan.

Turut hadir dalam acara sedekah bumi atau  Nyadran tersebut, Muspika Dander, Kades Nggrowok  Widianto beserta Perangkat nya, Babinkamtibmas, Babinsa, Linmas Karang Taruna,Tokoh Masyarakat beserta Warga Desa Nggrowok.

Sebagai rangkaian acara kegiatan sedekah bumi ialah:

(1)--Doa bersama di  Sumur  gede atau Sumur Nggrowok, yang di Keramatkan  warga desa setempat, Doa di pimpin Kyai Hanafi, yang di tunjukan pada para leluhur  kita terdahulu, yang telah membangun Desa Nggrowok dari nol hingga maju seperti sekarang ini, Nenek moyang kita, Pejuang pejuang  kemerdekaan kita, 

Bapak Ibu kita dan Saudara saudara kita, mudah mudahan semua di tempatkan di sisi Alloh SWT. dan Desa Nggrowok selalu di lindungi dan di berkati oleh Alloh SWT. 

(2) Kesenian Hiburan Pagelaran Wayang Thengul  dari Ploso kerep kecamatan Kedung adem dengan Dalang Kidasari

Semua rangkaian kegiatan sedekah bumi tersebut tidak lain hanya untuk nguri nguri kebudayaan Jawa, atau kearifan lokal yang telah ada sejak nenek moyang atau telah berabat abat yang lampau, kita sebagai Generasi Penerus Kebudayaan Jawa punya tanggung jawab dan kewajiban untuk menjaga agar bisa melanjutkan kelestarianya,

Dalam  sambutanya, Bapak Wijianto  selaku Kades Nggrowok Kecamatan Dander  Kabupaten Bojonegoro menyampaikan banyak terimakasih kepada saudara saudara kita, kawan kawan kita, dan semuanya baik  itu warga masyarakat Desa Nggrowok atau masyarakat luar yang telah hadir, guna untuk ikut serta mendoakan dan mengikuti acara Sedekahbumi serta kegiatan bersih Desa pada hari ini.

Widianto juga mengucapkan puji syukur kepada allah swt yang telah memberikan rizki yang melimpahkan kepada Masyarakat Desa Nggrowok berupa kesehatan kesejahteraan, tanaman yang subur serta panen yang melimpah Amin.

Mudah mudahan acara sedekah bumi ini bisa berjalan aman dan kondusif dari awal hingga selesai, dan kami berharap semua yang hadir bisa menjaga ketertiban, keamanan bersama sama sehingga (NKRI) bisa terwujud."terang Widianto.(Elok).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال