Tradisi Tahunan Warga Nelayan Bulurejo Paseban Gelar Ritual Petik Laut

 

Jember.SGI. Warga nelayan di dusun Bulurejo desa Paseban kecamatan Kencong, Jember, menggelar acara ritual petik laut, jumat sore, 04/08/2023., Acara ini dilakukan setiap tahun sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

Berbeda dengan wilayah lain tradisi petik laut di dusun Bulurejo tidak ada larung sesaji ke laut namun sesaji dikumpulkan jadi satu lalu berdoa bersama lalu dibagikan selain itu juga ada kepala kambing yang dikubur di pesisir pantai.

Sini salah satu warga Bulurejo mengatakan, hari ini kami warga nelayan dusun Bulurejo, Paseban, kencong, menggelar acara ritual petik laut sekaligus memperingati 1 suro dan kegiatan ini dilakukan setiap tahun.

Dengan adanya kegiatan ini mudah mudahan kami para nelayan selalu diberi keselamatan, rejeki yang melimpah dalam mencari ikan dilaut.," Ujar Sini.

Senada dengan Itu Suyono selaku ketua nelayan dusun Bulurejo juga menerangkan, ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT yang mana setiap bulan sura kita adakan petik laut dan merupakan acara rutin bagi nelayan pesisir pantai selatan Jember.

Kebudayaan disini agak berbeda dengan daerah yang lain tidak ada larung sesaji tapi kita tadi menanam kepala kambing dan sesaji kita kumpulkan jadi satu lalu berdoa bersama, setelah itu baru kita bagi ke warga," terangnya.

Harapan kami nelayan desa Paseban, dengan adanya acara ini dalam mencari ikan diberi rejeki yang melimpah terhindar dari bala musibah sekaligus nguri nguri budaya jawa yang harus kita lestarikan," pungkasnya.(h/r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال