Ribuan Warga Desa Curahsawo Mengiringi Larung Sesaji Petik Laut

 

Probolinggo,SGI. Agenda tahunan petik laut yang mengharap berkah atas keselamatan bagi warga dan desanya, senantiasa kerap dijumpai disejumlah desa ditanah air. Hal tersebut juga nampak ketika Pemerintah Desa Curahsawo kecamatan Gending kabupaten Probolinggo menggelar ritual petik laut, Minggu (20/8).

Terpantau iring-iringan ribuan warga desa setempat yang secara antusias menyambut prosesi ritual petik laut dengan menampilkan replika perahu yang oleh warga setempat disebut 'ancak" dan di isi dengan berbagai hasil bumi yang ada didesa ini mulai buah-buahan, Sayuran, palawija dan sebagainya.

Bukan itu saja, sejumlah warga memakai pakaian yang lain dari biasanya. Bak karnaval, mereka bersolek dengan berbagai pakaian berbeda. Bahkan Kepala desa (Kades) Curahsawo Hj. Nikmatul Izza S.Pd.I bersama suami (H. Akbar Busthomy) juga mengenakan pakaian ala pengantin lengkap denganahkotanya.

Yang lebih menarik, ribuan warga desa ini rela berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1,5km mengiringi miniatur perahu yang akan dilarung di obyek wisata Pantai Bentar.

Kades Hj. Nikmatul Izza menjelaskan bahwa kegiatan ritual petik laut ini merupakan kegiatan bersifat kearifan lokal yang bertujuan meminta keberkahan pada Allah SWT agar pemerintah desa dalam menjalankan tugas selalu dilindungi dan dihindari dari segala kendala. "Kemudian ritual petik laut ini mengharap agar warga desa ini selalu diberkahi keselamatan dalam beraktifitas."ujarnya.

Sebelum ancak dilarung ketengah laut, terlebih dahulu diiringi dengan pembacaan doa dan diteruskan dengan prosesi larung sesaji tersebut. Tak ayal, sesaji (shodaqoh) berupa barang yang dikumpulkan dalam ancak ini menjadi ajang rebutan warga diareal laut tersebut.

Sementara H. Akbar selaku tokoh dari desa Curahsawo (mantan kades 3 periode) saat dimintai tanggapan terkait kegiatan tersebut mengatakan "Diharapkan dengan kegiatan ritual petik laut ini, akan membawa keberkahan dan Insya Allah acara seperti ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya."kata pria yang juga dikenal sebagai pengusaha properti ini. (Har).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال