KSR PMI Unit Universitas PGRI Argopuro Jember Latih Puluhan Relawan agar Mahir Water Rescue

 

JEMBER.SGI. KSR PMI Unit Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember terus mengembleng anggotanya yang menjadi relawan kemanusiaan. Salah satunya, KSR PMI Unit Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember mengadakan Latihan Water Rescue dalam giat Latihan Kader Lanjutan  (LKL) Sabtu dan Minggu, 24 - 25 Juni 2023 di  Mumbul Garden Jember.  Kegiatan ini khusus anggota yang sebelumnya telah menempuh DIKSAR (Diklat Dasar)  kemudian dilanjutkan mengikuti LKL. Water Rescue dan First Aid merupakan pokok isi pada kegiatan kali ini. 

Water Rescue merupakan suatu teknik pertolongan atau evakuasi yang dilakukan di air atau dapat juga disebut sebagai suatu tindakan penyelamatan secara efektif dan efisien, jiwa manusia dan segala sesuatu yang berharga yang berada dalam keadaan mengkhawatirkan atau gawat darurat di air.  Sedangkan First Aid adalah pemberian pertolongan segera kepada korban sakit atau cedera/ kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar. 

Para peserta dilatih secara materi dan praktek langsung. Anggota dituntut untuk bisa memahami hal - hal tentang penyelamatan di air, dengan harapan nantinya dapat mengimplementasikannya pada diri sendiri dan orang sekitar. Setidaknya para anggota dapat memberikan kontribusi kepada msyarakat dari materi yang didapat meskipun sedikit namun bermanfaat.

Keahlian penyelamatan di air antara lain aman diri, aman korban, dan aman lingkungan. Para peserta juga di berikan tutorial penyelamatan pribadi dan kelompok ketika keadaan darurat. Selama dua hari, para peserta Latihan Water Rescue terus mencoba materi – materi yang diberikan selama kegiatan. 

Ketua KSR PMI Unit UNIPAR Jember, Ellen Brelia Diniarta menyampaikan Latihan Water Rescue  sebagai upaya untuk membekali anggota KSR tentang teknik penyelamatan di dalam air. “Kami ingin mencetak kader – kader yang bisa diandalkan ketika terjun di masyarakat,” kata Ketua KSR PMI Unit UNIPAR Jember, Ellen Brelia Diniarta. 

Sejauh ini KSR PMI Unit UNIPAR Jember merupakan salah satu Unit Korps Sukarela di Kabupaten Jember, yang turut aktif dalam program – program pemberdayaan dan pengembangan anggota untuk aksi sosial kemanusiaan pada masyarakat Kabupaten Jember. “Anggota KSR PMU Unit UNIPAR selalu siap jika sewaktu-waktu diterjunkan ke masyarakat, termasuk jika ada kejadian di dalam air,” pungkasnya. (h/r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال