Kompak!!, karyawan Batih dan Masyarakat sekitar PTPN 12 Kebun Zeelandia Ikuti Donor Darah Sukarela Bersama UDD PMI Jember

 

JEMBER.SGI. Puluhan  karyawan, batih dan masyarakat sekitar PTPN 12 Kebun Zeelandia punya semangat yang sama dalam aksi kemanusiaan. Mereka secara aktif dan rutin sedekah melalui kegiatan donor darah sukerala bersama Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Tiap tiga bulan sekali, mereka ikut donor darah sukerala.

Terbaru, puluhan karyawan, batih dan masyarakat  umum mengikuti kegiatan donor darah di aula PTPN 12 Kebun Zeelandia Rabu, 21 Juni 2023. Hasilnya, 27 karyawan, batih dan masyarakat sekitar lolos secreening dan melanjutkan donor darah. “Alhamdulillah, dari 33 orang yang mendaftarkan diri untuk donor darah ada 27 yang lolos, 19 laki-laki dan 8 perempuan,” kata Marahalim Harahap, Manajer PTPN  12 Kebun Zeelandia di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.  

Sayangnya ada 6 orang yang tidak lolos screening karena tensi terlalu tinggi atau terlalu rendah, ada juga yang HB-nya tidak normal,” ungkap Marahalim Harahap. 

Dia menjelaskan bahwa kegiatan donor darah sudah rutin dilakukan dan diikuti keluarga besar PTPN 12 Zeelandia. “Tiap tiga bulan sekali petugas UDD PMI Kabupaten Jember datang ke kebun untuk adakan donor darah. Para karyawan, batih dan masyarakat sekitar yang sudah rutin mesti ikut donor darah,” ungkapnya. 

Sedangkan bagi yang tidak lolos, sambungnya, itu hal yang biasa. “Hampir tiap ada kegiatan donor ada yang tidak lolos tetapi orangnya beda-beda.. Bisa jadi karena mereka kurang tidur atau memang kurang sehat,” imbuhnya. Namun, sambungnya, yang tidak lolos kali ini bisa lolos pada kegiatan donor darah berikutnya.  

Dia menambahkan, para karyawan, batih dan masyarakat sekitar PTPN 12 Kebun Zeelandia memang aktif donor darah karena banyak manfaatnya. Tidak hanya sedekah darah untuk sesama yang membutuhkan tetapi juga membuat badan lebih sehat karena secara tutin ada pergantian sel darah. Selain itu, setiap donor juga di cek kesehatan dasarnya seperti tensi ataupun HB. Juga berat badan para pendonor.

”Manfaat donor darah itu ternyata banyak bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sel darah merah, meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu membakar kalori. Kita Sehat, Mereka Selamat,” ungkapnya. (r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال