TNI, POLRI Gelar Apel Pasukan OPS Ketupat Krakatau 2023

 

Lampung Timur.SGI. Komandan Kodim (Dandim) 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2023 Polres Lamtim dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H, Senin (17/4/2023).

Kapolres Lampung Timur AKBP. M. Rizal Muchtar didampingi Dandim dan Wakil Bupati bertindak selaku Pimpinan Apel Gelar Pasukan yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia mulai di tingkat mabes hingga ke satuan kewilayahan sekaligus membacakan Amanat Kapolri.

Pada saat membacakan amanat Kapolri, Kapolres mengatakan Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan operasi ketupat 2023, kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul Fitri 1444 Hijriyah.

Pada pelaksanaan mudik lebaran tahun ini, Kemenhub RI membeberkan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022 menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%.

Oleh sebab itu polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi ketupat 2023 selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023”, Ucap Kapolres.

Operasi ketupat 2023 melibatkan 148. 261 personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas Pertamina, Jasa Raharja, Jasa marga, Satpol PP, Dinas perhubungan, Dinas kesehatan, Pramuka, dan mitra Kamtibmas lainnya.

Pasukan yang dilibatkan akan ditempatkan pada tiga titik pos diantaranya pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

“Demi kelancaran arus mudik dan balik, maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang terdapat klarifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bahan pokok”, Urai Kapolres

“Perlu saya tekankan terkait permasalahan lakalantas optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan porselin dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan, Lakukan secara Humanis”, Lanjutnya.

Kapolres menekan kepada petugas lapangan dengan mengingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan

“Lakukan penguatan edukasi tertib lalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan”.

“Siapkan iklan layanan masyarakat pada seluruh platform media sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara berkala dan dapat merencanakan perjalanan mudiknya dengan baik”, Imbuhnya.

Menurutnya, Disamping kerawanan yang timbul akibat peningkatan mobilitas masyarakat, stabilitas harga dan ketersediaan bapokting harus tetap terjaga.

“Tingkatkan koordinasi antar satgas pangan dengan stakeholder terkait sehingga tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga bapokting selama perayaan hari raya idul Fitri 1444 Hijriyah”, Ujar Kapolri yang diteruskan Kapolres Lamtim AKBP. M. Rizal Muchtar.

Sementara Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH menegaskan pihaknya siap bersinergi dengan Polres dan stakeholder yang ada serta seluruh elemen masyarakat guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama Idul Fitri di Kabupaten Lampung Timur.

"Personil Kodim nantinya bersama unsur Kepolisian, Satpol PP maupun unsur Pemerintah Daerah melaksanakan pengamanan arus mudik maupun arus balik. Semoga dengan upaya upaya yang dilakukan, perayaan Idul Fitri 1444 H di Kabupaten Lampung Timur dapat berjalan dengan kondusif serta masyarakat yang melakukan mudik dapat berjalan dengan aman, lancar, dan berkesan," pungkasnya.(red).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال