Sambut Hari Raya Nyepi Umat Hindu di Jember Gelar Upacara Melasti di Pantai Paseban

 

Jember.SGI. Menyambut hari raya Nyepi umat Hindu Kabupaten Jember, Jawa Timur, melaksanakan upacara Melasti, Sesuci Laut tahun 1945 Saka di pura Melasti desa Paseban kecamatan Kencong,minggu, 19/03/2023.

Tak hanya umat hindu di Jember saja yang hadir dalam upacara dari kabupaten lain juga turut hadir seperti umat hindu dari Bondowoso, Situbondo, lumajang dan Bali yang menarik lagi Melasti tahun ini dipimpin empat pendeta, berande ikut andil sumbang doa.

Wahyu Widodo Selaku Panitia parisade Hindu Darma Indonesia menjelaskan, ya hari ini merupakan upacara Melasti sesuci laut untuk mensucikan buana alit dan buana agung dan rangkaiannya adalah catur brata penyepian tahun baru saka 1945 tahun 2023.

Untuk itu kami segenap umat Hindu Kabupaten Jember ini melaksanakan upacara jalani puja adalah merupakan salah satu bentuk ingin andil dalam suatu penghormatan, keselamatan, ketentraman, kerahayuan umat hindu bangsa Indonesia lahir dan batin," jelasnya.

Saat di tanya apakah upacara Melasti di jawa ini sama dengan di Bali, Wahyu menjawab ya identik sama cuma adat setempat mempunyai tradisi masing masing tapi hakikinya sama untuk kerahayuan buana alit dan buana agung mensucikan diri sendiri badan wadah dengan alam sekitar lingkungan untuk melaksanakan penyepian," kata Wahyu.

Harapan kedepan agar umat hindu lebih mawasdiri, introspeksi diri, demi keselamatan ketentraman baik diri sendiri umat hindu dengan sesama hidup, masyarakat, Bangsa dan Negara selalu dalam keadaan baik rahayu rahayu hom santi santi," pungkasnya.(h/r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال