Keberhasilan Seorang Pembina Patut Diakui dalam Mencetak Relawan Muda PMR

 

Jember.SGI. Lahirnya PMR SMK 4 Pancasila Ambulu tak lepas dari gagasan Randy Dwi Candra Winduananda, pria asal kecamatan Ambulu Jember jebolan KSR ITN Malang yang memiliki impian besar mencetak relawan muda yang dapat menerapkan Tri Bhakti PMR di daerah asalnya. 

Berawal dari pengalamannya saat berproses menjadi KSR ITN Malang dan lulus dari almamaternya, kemudian Candra, sapaan akrabnya, kembali ke daerah asalnya memilih mengajar dan berinisiatif mendirikan Palang Merah Remaja (PMR) Unit SMK 4 Pancasila Ambulu Jember. 

Candra mengisahkan keinginannya mencetak relawan muda yang sanggup menerapkan Tri bakti PMR akhirnya membuahkan hasil. "Minimnya pengalaman, kami bertekad membentuk PMR SMK 4 Pancasila, anggota angkatan pertama berjumlah 17 siswa pada tanggal 25 Juni 2016," Ujar Candra

Lanjut Candra, kemudian beberapa anggota PMR yang diketuai Aldi Pratama berinisiatif untuk menambah anggota baru dengan mengadakan Diklat kedua berhasil menjaring 25 siswa. "Alhamdulillah, pihak lembaga menyambut baik terbentuknya PMR dan berbekal pengalaman organisasi, proses kaderisasi PMR SMK 4 Ambulu berjalan dengan lancar. 

Banyak kegiatan yang dilakukan, berawal dari rasa penasaran anggota yang ingin belajar lebih dalam tentang materi PMR, salah satunya memberanikan diri mengadakan kegiatan donor darah pemula yang rutin dilakukan hingga saat ini.

Selain itu, aktif mengikuti latihan gabungan, mengikuti perlombaan PMR tingkat lokal hingga nasional  dan kegiatan positif lainnya seperti mengadakan buka bersama dengan PMR madya di Jember selatan dan seminar eco enzyme. 

Meski usianya terlihat muda, PMR SMK Pancasila Ambulu aktif membantu masyarakat, mulai dengan bakti sosial di lingkungan yayasan pendidikan panca Prasetya hingga baksos kesehatan di acara masyarakat seperti HUT RAPI di balai desa kemuning sari kidul, jalan sehat yang diadakan pemdes Tegalsari ambulu, dan terjun bantu korban bencana alam.

Prestasi yang pernah diraih PMR SMK 4 Pancasila diantaranya Juara 3 kategori terfavorit di lomba barapamera tahun 2018, 5 besar Lomba pertolongan pertama pre-hospital Se Jawa Bali yang diadakan keperawatan UNEJ, Peringkat 3 kategori kemanusiaan pada ajang Galapalmera tahun 2017 di Ponorogo.

Candra, Pembina sekaligus guru mata pelajaran simulasi digital, pendidikan kewarganegaraan, produk kreatif dan kewirausahaan berpesan kepada anggota maupun alumni PMR SMK 4 Pancasila Ambulu untuk aktif mengabdi pada masyarakat dilingkungannya sesuai motto organisasi "Jangan pernah mempertanyakan apa yang PMR sudah berikan padamu, tapi pertanyakan apa saja yang sudah kamu berikan pada PMR "pungkasnya.(r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال