Sosialisasi Penertiban Kawasan Pesisir dan Sempadan Pantai di Wilayah Pemkab Jember

 

Jember.SGI. Guna untuk menjaga aset negara, Pemerintah desa Kepanjen menggelar Sosialisasi penataan penertiban kawasan pesisir dan sempadan pantai wilayah kabupaten Jember, bertempat di pendopo desa, hadir dalam kegiatan sosialisasi ini kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Indra TP, kepala BPN Jember Akhyar Tarfi, Muspika Gumukmas, kaPJ Kades Kepanjen Fahrul, Pengusaha Tambak dan warga, Selasa 28/02/2023.

Menurut kepala BPN Jember saat ditemui awak media Menjelaskan, ya hari ini kita mengadakan sosialisasi kepada warga masyarakat terkait penataan penertiban kawasan pesisir pantai selatan di desa Kepanjen, kecamatan Gumukmas, Jember.

Tujuannya untuk memberikan edukasi agar masyarakat paham bahwa tanah Sempadan Pantai itu milik negara dan tidak bisa dimiliki atau dijual belikan namun di berikan hak guna untuk kemakmuran masyarakat.

Kita melihat kondisi dilapangkan bawasannya ada berbagai hak atas tanah dikawasan lindung sempadan pantai ini, mulai hak milik, hak guna pakai, HGU atas nama perusahaan jadi kondisi ini perlu kita evaluasi kembali nantinya akan kita legalkan namun sekali lagi tidak bisa di miliki atau dijual belikan," jelas Akhyar.

Senada kepala dinas perikanan dan kelautan Indra TP juga menerangkan terkait penataan penertiban kawasan sempadan pantai langkah kita adalah meng HPL semuanya lalu kita menata kuncinya adalah ifentaris siapa pengelolanya siapa pemiliknya baik yang sudah SHM atau belum intinya kita HPL kan dulu," ujarnya.

Kita hadir bukan anti tambak tapi untuk menata dan menertibkan kalau selama hak atas tanahnya gak jelas ya otomatis ijinnya gak akan keluar dan itu nanti ada teknis tersendiri. Yang terpenting sekarang kita HPLkan dulu atas nama pemkab selanjutnya pemkab mengeluarkan HGU dan sebagainya ini semua untuk menjaga aset negara," terang Indra.

Camat Gumukmas Nino juga mengatakan, kami selaku camat dan muspika kecamatan Gumukmas berharap para pemilik tambak koperatif dengan tim penertiban tambak, pada para warga nelayan mohon tetap bersabar menunggu langkah langkah selanjutnya agar tetap menjaga situasi yang kondusif. Harapnya.(r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال