Pertahankan Ritual Kearifan Lokal, Pemdes Asembagus Gelar Selamatan Desa

 

Probolinggo.SGI. Guna memelihara dan mempertahankan kegiatan yang berhubungan dengan budaya bersifat kearifan lokal, maka Pemerintah Desa (Pemdes) Asembagus kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo merefleksikannya dalam kegiatan selamatan desa, 13-15 September 2023.

Kegiatan tersebut diawali dengan penerimaan shodaqoh hasil bumi dari warga setempat dan selanjunya dikemas menjadi anjang yang selanjutnya dilarung ketengah laut sebagai wujud ungkapan rasa syukur masyarakat desa Asembagus atas berkah yang selama ini diterimanya. Kemudian agenda dilanjutkan dengan memberikan layanan pengobatan gratis pada ratusan warga yang berlangsung dibalai desa, Kamis (14/9).

Kepala desa Asembagus Kecamatan Kraksaan Probolinggo, Ali Ibang Fanzuri mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan satu bentuk perhatian pemerintah desa terjadap kesehatan warga. "Kami berharap warga desa ini selalu dalam kondisi sehat dengan cara secara rutin memeriksakan kesehatannya, terlebih dalam momen ini, kami secara khusus memberi peluang bagi masyarakat untuk datang kelokasi yang telah disediakan."ujarnya.

Dengan dibantu Bidan Desa Asembagus Yuli dan Perawat Desa Asembagus Nur Hamsatin, ratusan warga dapat memeriksakan keluhan penyakit asam urat, kolesterol, kadar gula darah dan sebagainya.

Rangkaian selamatan desa ini dilanjutkan dengan tasyakuran yang dihadiri oleh Forkopimka Kraksaan, tokoh agama dan masyarakat, BPD, LKD, PKK, Karang Taruna, ketua RT/RW serta perangkat desa. Kemudian malam harinya (14/9) diteruskan dengan resepsi dan pemberian santunan terhadap 200 anak Yatim dan warga Lansia (lanjut usia).

Puncak kegiatan selamatan desa tersebut dipungkasi dengan Hotmil Qur'an serta Haul sesepuh desa ini yang dipimpin oleh tokoh agama setempat.  Dan bertempat dihalaman kantor desa Asembagus digelar Pengajian umum dan Majelis Sholawat Syubbanul Muslimin dari desa Kalikajar kecamatan Paiton, Jumat (15/9). Animo dan antusias masyarakat desa ini dalam mengikuti pengajian ini cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan seriusnya warga dalam menyimak tauziah dari muballigh yang dihadirkan panitia.

"Mudah mudahan kegiatan ini akan membawa berkah bagi warga desa Asembagus, dan desa ini senantiasa dalam kondisi aman dan kondusif seperti harapan warga desa ini."harap Kades Asembagus". (Har).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال