Mahasiswa PMII Tuban Jadi Sasaran Arogansi Oknum Anggota Polisi Saat Demo

 

Tuban.SGI. belum hilang dari ingatan sikap arogansi anggota kepolisian dalam mengamankan aksi demo oleh sejumlah warga di Kecamatan Merakurak, kini tindakan represif kembali terulang oleh anggota Satreskrim Polres Tuban saat mengamankan kericuhan demo pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Tuban di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat , Rabu(16/8/2023).

Hal ini membuktikan bahwa sosok anggota Polri lingkungan polres Tuban belum mampu bersikap humanis terhadap masyarakat sipil sesuai dengan slogannya,yakni pengayom Masyarakat.

Pantauan di lapangan, terlihat Kanit jatanras Satreskrim Polres Tuban seakan membabi buta dalam melakukan pengamanan demo mahasiswa yang menghadang mobil pejabat Pemkab Tuban usai melakukan Rapat Paripurna di Gedung DPRD Tuban.

Tidak hanya kocar kacir, beberapa mahasiswa juga mengaku di pukul dan di banting oleh anggota Polres Tuban hingga tersungkur . Bahkan, salah satu kader PMII perempuan juga tak luput dari perlakuan kasar hingga aksi pelecehan.

Saya bisa tahan tangis untuk luka saya tidak  masalah meskipun saya di seret. tapi seorang anggota polisi laki- laki jelas- jelas memegang bagian terlarang saya menggunakan telapak tanganya,," ujar F kepada  Suara Gegana Indonesia (SGI) sembari menangis sesenggukan.

Dirinya juga menyayangkan sikap anggota polisi yang seharusnya memberikan perlindungan justru memanfaatkan momen kericuhan dengan memperlakukan kurang baik terhadap perempuan dengan memegang bagian sensitifnya," setelah di seret baju saya terbuka dan jilbab saya juga terbuka.Seret ya seret tapi seharusnya anggota polisi tidak usah pegang di bagian sensitif saya,"jelasnya.

Senada dengan F, Agus, salah satu pendemo juga menyatakan jika dirinya mengalami aksi pemukulan hingga di tendang oleh anggoata polisi hingga mengalami luka, untuk itu, dirinya akan melakukan visum. habis ini kita akan visum, sehingga nantinya bisa di jadikan sebagai alat bukti, terangnya.

Menanggapi adanya aksi represif anggotanya, Kapolres Tuban AKBP Suryono menganggap jika aksi senggolan hingga terjatuh dalam aksi demo merupakan hal yang wajar akan tetapi, apabila terdapat aksi kekerasan dan dapat di buktikan, maka pihaknya akan melakukan tindakan lanjut.

"Kalau dorong-dorongan itu kan wajar, karena itu timbul karena ada aksi yang tidak sesuai ketentuan.Tapi jika ada yang mau melaporkan itu, silahkan." pungkasnya.(elk).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال