Banggar Sampaikan Laporan Pembahasan P-APBD 2023

 

Probolinggo.SGI. DPRD Kabupaten Probolinggo kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan hasil kegiatan Badan Anggaran (Banggar) Pembahasan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2023, Rabu (30/8/2023).

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma ini dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Dari pihak eksekutif hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Serta perwakilan Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan, maka Badan Anggaran mengambil kesimpulan bahwa secara umum dokumen Perubahan APBD Kabupaten Probolinggo tahun 2023 yang merupakan lampiran tak terpisahkan dari nota kesepakatan telah memenuhi ketentuan sebagaimana mestinya.

Sedangkan terhadap hal-hal yang masih perlu diadakan penyempurnaan agar dilakukan perbaikan sebagaimana dalam pembahasan bersama antara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Probolinggo dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Oleh karena itu laporan Badan Anggaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan dan masukan untuk pembahasan fraksi-fraksi dalam menyusun pendapat akhir.

Banggar juga menyampaikan beberapa saran. Pertama, penyusunan dan pembahasan Perubahan APBD tahun anggaran 2023 ini dimaksudkan untuk menyesuaikan program dan kegiatan prioritas yang sifatnya mendesak untuk diselesaikan dan ditindaklanjuti dengan melakukan perubahan anggaran terhadap APBD murni dan dilakukan sinkronisasi pagu anggaran serta pergeseran program dan kegiatan oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tentunya proses penyusunan perubahan anggaran ini telah berpedoman pada kerangka regulasi yang ada, sebagai syarat utama peningkatan akuntabilitas program pemerintah.

Hal yang paling krusial dalam pembahasan maupun pelaksanaan anggaran nanti adalah saat kita berada dipenghujung tahun anggaran. Oleh karenanya, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Probolinggo mengharapkan kepada pemerintah daerah teruma dipenghujung tahun anggaran 2023 akan berakhir, tentunya semua program yang telah direncanakan harus mampu terealisasi dengan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan tetap memprioritaskan kualitas pekerjaan.

Kedua, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Probolinggo merekomendasikan kepada pemerintah daerah agar target pendapatan pada Perubahan APBD tahun 2023 dapat terealisasi sesuai target yang ditetapkan dan kepada OPD penghasil untuk tetap konsisten dan bekerja maksimal dalam pengumpulan PAD pada pos pendapatan pajak, retribusi daerah dan pemakaian aset daerah.

Ketiga, Badan Anggaran juga menyampaikan saran kepada Pemkab Probolinggo untuk terus melakukan terobosan kreatif dan inovasi dalam peningkatan pendapatan daerah dengan menggali sumber-sumber yang bisa dioptimalkan. Oleh karena selama ini dukungan pendapatan daerah Kabupaten Probolinggo masih disupport dari pendapatan transfer yang mencapai sekira 88%.

Keempat, dengan kondisi yang dianggap darurat sampah di Kabupaten Probolinggo, disarankan kepada pihak terkait untuk melakukan antisipasi dan perbaikan manajemen yang lebih baik. Serta kelima, kepada pemerintah daerah dan dinas terkait, menjadi catatan dan harapan besar bagi masyarakat petani tembakau agar pemanfaatan DBHCHT yang cukup besar dapat terlaksana secara optimal serta mampu menyasar pada kegiatan yang tepat guna, sehingga masyarakat merasakan dampak dari asas keseimbangan sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang. (Har).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال