Nguri Nguri Budaya Jawa Warga Desa Sidomulyo Menggelar Sedekah Bumi

 

Bojonegoro.SGI. Untuk menghidupkan tradisi jawa nguri nguri kebudayaan atau menjaga kearifan lokal, Desa Sidomulyo kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa timur,mengadakan Sedekah bumi, nyadran atau syukuran atas di berikanya panen yang melimpah ruah, rezeki yang melimpah, kesehatan dan kesejahteraan oleh alloh SWT.

Acara ini di ikuti seluruh warga Masyarakat Sidomulyo secara khusus, wilayah kabupaten Bojonegoro secara umum, yang di selenggarakan secara rutin setiap Tahun disebut dengan bersih desa atau sedekah bumi, dengan tema mewujudkan Warga Desa Sidomulyo yang aman, maju sejahtera dan Relegius dengan berbasis Gotong royong, murah sandang pangan seger kwarasan, Kamis 15/6/2023.

Kegiatan diawali dengan : (1). Doa bersama di punden Sumur lobang, yang di Keramatkan warga desa, Doa di pimpin Bapak mudin setempat, yang ditujukan pada para leluhur kita terdahulu yang telah membangun Desa Sidomulyo dari nol hingga maju seperti sekarang ini.

Nenek moyang kita, Para pejuang  kemerdekaan kita, orang tua kita dan Saudara saudara kita, mudah mudahan semua di tempatkan di sisi Alloh SWT.

(2). Kesenian Hiburan Pagelaran Langgeng  Tayub Margo Laras dari Banjargondang Kecamatan Bluluk Kabupaten Lamongan, dengan waranggono:

(1) Nyi Wariati

(2) Nyi Mujiati

(3) Nyi Priyati

(4) Nyi Mustika.

Semua rangkaian kegiatan sedekah bumi tersebut tidak lain hanya untuk nguri nguri kebudayaan Jawa, atau kearifan lokal yang telah ada sejak nenek moyang atau telah berabat abat yang lampau, kita sebagai Generasi Penerus Kebudayaan Jawa punya tanggung jawab dan kewajiban untuk menjaga agar bisa melanjutkan kelestarianya,

Dalam wawancara dengan Media Suara Gegana Indonesia (SGI), Bapak Agus Hari selaku Kades Sidomulyo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro menyampaikan banyak trimakasih kepada saudara saudara kita, kawan kawan kita, dan semuanya yang baik itu warga masyarakat Desa Sidomulyo atau masyarakat luar desa yang telah hadir.

Guna untuk ikut mendo"akan dan mengikuti acara Sedekahbumi dan kegiatan bersih Desa pada hari ini, mudah mudahan acara bisa berjalan aman dan kondusif dari awal hingga selesai, dan kami berharap semua yang hadir bisa   menjaga ketertiban, keamanan bersama sama sehingga (NKRI) bisa terwujud.(Elook).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال