Diduga Proyek Siluman, Proyek Saluran Irigasi di Sumberjeruk Kalisat Tanpa Papan Nama

 

Jember.SGI. Diduga Proyek fisik jaringan irigasi pertanian ditemukan tanpa papan nama alias proyek siluman, pada Senin (31/5/2023).

Proyek yang berlokasi di Desa Sumberjeruk, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember ditenggarai pihak pelaksana pekerjaan mengangkangi UU KIP (keterbukaan informasi publik).

Ada dugaan proyek tersebut merupakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Pasalnya, dari pantauan media dilokasi tidak terlihat adanya papan nama proyek pekerjaan yang terpasang di lokasi.

Diduga oknum pelaksana pekerjaan menyembunyikan besaran anggaran untuk mengelabui masyarakat agar tidak termonitor besaran anggaranya.

Diketahui bahwa kewajiban memasang plang papan nama tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Selain itu ada Permen PU No.12 Tahun 2014 tentang pembangunan drainase kota, infrastruktur, jalan dan proyek irigasi.

Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.

Dijelaskan, pentingnya informasi papan nama tersebut, di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek.

Salah satu pekerja mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui asal muasal proyek yang dimaksud. Ia bekerja atas perintah perangkat desa setempat.

" Saya tidak tahu mas, saya hanya kerja," ucap pekerja yang enggan menyebut nama di lokasi pekerjaan pada media ini, Senin (31/5/23).

Terkait papan proyek, Ia sebut dari awal pekerjaan tidak pernah melihat adanya papan proyek di lokasi, Lantas kemudian awak media mendatangi kantor Desa Sumberjeruk guna konfirmasi namun kepala desa sedang tidak ada di tempat.

" Pak kades ada di kecamatan mas," ucap singkat salah satu staf desa Sumberjeruk pada media ini, Hingga berita ini diterbitkan media masih akan berupaya melakukan konfirmasi lanjutan perihal proyek tersebut.(tim).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال