Situs Peninggalan Kerajaan Brawijaya 5 Butuh Perhatian dari Pemerintah

 

Jember.SGI. Mungkin Banyak orang yang belum tahu bahwa di desa Sidomekar kecamatan Semboro Kabupaten Jember, Jawa Timur, ada situs bangunan yang konon menurut warga setempat merupakan peninggalan jaman kerajaan Brawijaya ke 5 dan orang menyebutnya Beteng.

Situs bangunan yang menyerupai benteng kerajaan ini sekarang terbengkelai sejak di tinggal juru kunci Ngadul Gani.

Untuk menjaga kelestarian situs beteng dan dalam rangka HUT 62 Kostrad Yonif 515 bersama Pemerintah Desa menggelar Karya Bakti dengan membersihkan jalan dan Situs Peninggalan tersebut.

Menurut Sumadi Rt 11 dusun Beteng mengatakan, dulu situs Beteng ini ramai di kunjungi warga tapi sayang sekarang terbengkelai tak terurus, semenjak ditinggal para tetua sejarah Beteng menjadi punah.

Kami berharap ada yang peduli dengan Situs Beteng peninggalan kerajaan Brawijaya 5 ini agar bisa dijadikan Destinasi wisata dan dengan kegiatan hari ini kita awali untuk merawat kembali Beteng yang lama terbengkelai," kata Sumadi.

Senada Kepala Desa Sidomekar H. Udi Priwiyanto juga mengatakan, saya sangat menyambut baik sekali kegiatan Karya Bakti Yonif 515 Kostrad bersama warga warga desa yang peduli akan peninggalan bersejarah ini," ujarnya.

Mudah mudahan kususnya warga Sidomekar bisa menjaga dan merawat situs Beteng ini dengan baik " nguri uri budaya jawa dan melestarikan biat tetap terjaga," harapnya.(r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال