Proses Pembuatan Eco Enzyme dari Limbah Buah Buahan

 

JEMBER.SGI. Sebanyak lima belas anggota PMR SMPN 6 Jember didampingi  fasilitator dan  satu relawan markas PMI menyulap limbah rumah tangga menjadi Eco Enzyme. Pembuatan Eco Enzyme dilaksanakan di Rumah Fasilitator PMR SMPN 6 Jember di Kelurahan Sempusari Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember, Minggu, 12 Maret 2023.

“15 anggota PMR SMPN 6 Jember bersama  fasilitator dan   relawan markas PMI melaksanakan pembuatan Eco Enzyme dengan memanfaatkan limbah organik di lingkungan sekitar,” kata Novita Fasilitator PMR SMPN 6 Jember.

Dia menuturkan, para anggota PMR SMPN 6 Jember membawa limbah  buah dari rumah masing-masing  seperti pepaya, jambu, dan lainnya. “Teknis pembuatannya mereka dibagi menjadi 3 kelompok untuk menyelesaikan 3 galon. Setiap kelompok menyiapkan 1 liter cairan molase, 10 liter galon, dan 3kg bahan organik, yang kemudian semuanya dicampur dalam 1 galon,” imbuhnya. 

Tahapan berikutnya, mereka dipandu mulai dari mencampur air dengan molase, menimbang bahan organik, memotong dan menghaluskan bahan, sampai dengan mencampurkannya di dalam galon. “Dengan lama pembuatan kurang lebih 1 jam, mereka berhasil membuat 3 galon sekaligus,” imbuhnhya

Menurut dia,  kegiatan ini juga merupakan inisiatif fasilitator dalam rangka pemberdayaan anggota untuk turut partisipasi gerakan 1.000 liter Eco Enxyme. “Sekaligus memeriahkan HUT KE 73 PMR,” ujarnya. 

Fasilitator PMR SMPN 6 Jember juga berharap anggota PMR dapat memahami dan memiliki pengetahuan akan pemanfaatan bahan bahan di lingkungan sekitar seperti halnya limbah organik yang dapat digunakan untuk pembuatan Eco Enzyme sebagai cara mengurangi limbah organik serta sebagai upaya memberikan manfaat.  (r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال