Persiapan dan Pelaksanaan Acara Arak Arakan Ogoh Ogoh Umat Hindu di Jember

 

Ft Teks: saat pembuatan sesaji dan waktu arak arakan ogoh ogoh

Jember.SGI. Menyambut Hari Raya Nyepi 1945 tahun 2023, umat himdu yang ada di Kabupaten Jember melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari upacara Melasti setelah itu mempersiapkan berbagai sesaji untuk arak arakan ogoh ogoh yang dilaksanakan pada Selasa malam 21/03/2023.

Bertempat di Pura Swasty Dharma di desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari, Jember, para ibu ibu juga remaja mempersiapkan berbagai macam sesaji yang akan dibawah dalam arak arakan Ogoh Ogoh.

Mujiani selaku mangku di Pura Swasty Dharma desa Sukoreno saat di temui waktu pembuatan sesaji menjelaskan, ya hari ini senin 20/03/2023, kita para ibu ibu juga remaja berkumpul membuat sesaji dan perlengkapan yang lain buat acara arak arakan ogoh ogoh," ujarnya.

berbagai macam sesaji kita siapkan diantaranya, banten Pradita, banten biangkala, banten pejati, serta banten pencaruan, harapan kami semoga dalam pelaksanaan arak arakan ogoh ogoh dan nyepi tahun ini bisa aman dan lancar," harap mangku Mujiani.

Sementara itu pada waktu pelaksanaan arak arakan selasa malam ribuan warga datang untuk menyaksikan.

Hari Agus Triono selaku lkepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Jember ketika ditemui awak media Suara Gegana Indonesia mengatakan, sebelumnya saya ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu 1945 Saka tahun 2023 yang ada di kabupaten Jember," kata Hari.

Kegiatan ogoh ogoh ini merupakan salah satu budaya tentunya kita memberikan apresiasi yang positif dan mendukung karena ini merupakan sebagian dari budaya, selain itu juga disini lah desa dimana terjalain kerukunan hormat menghormati antar umat beragama," jelasnya.

Ini merupakan salah satu contoh desa Pancasila yang ada di Jember dan juga bisa menarik wisata budaya yang nantinya bisa lebih terkenal kedepannya.(h/r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال