Manfaatkan Hasil Eco Enzyme untuk Kegiatan Sosial Sekolah

 

JEMBER.SGI. Puluhan liter cairan Eco Enzyme hasil panen hari itu langsung dimanfaatkan untuk kegiatan sosial di lingkungan sekolah SMAN Pakusari. Tepat Kamis Tanggal 16 Maret 2023, saat latihan rutin, PMR SMAN Pakusari melakukan proses pemanenan Eco Enzyme yang telah dibuat beberapa waktu lalu. 

Elvana Kusdijanto, fasilitator PMR mengatakan sejumlah siswa yang tergabung anggota PMR dengan antusias melakukan penyaringan agar hasilnya terpisah antara Cairan Eco Enzyme dengan ampasnya. "Baik cairan maupun ampasnya sama-sama berguna untuk kehidupan sehari-hari, hingga disebut Cairan alami multifungsi. Pun, demikian dengan ampasnya, selain bisa dijadikan pupuk bagi tanaman, bisa juga dijadikan pembersih kloset/toilet, sebagai pengganti cairan kimiawi yang cukup marak namun belum tentu ramah lingkungan.” kata Elvana Kusdijanto. 

Menurut dia, karena zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat membunuh pula bakteri-bakteri bahkan yang berguna bagi manusia. Selain itu bisa mengurangi terbuangnya bahan organik yang biasanya hanya menjadi sampah” imbuhnya.

Kegiatan tersebut sebetulnya berlanjut mulai dari pemanenan eco enzyme, kemudian ampas dan beberapa botol hasil panen diaplikasikan langsung ke semua toliet yang ada di SMAN pakusari. Manfaat pemberian cairan eco enzyme ini selain memudahkan pembersihan kerak-kerak yang sulit dihilangkan, juga untuk mengurangi bau yang biasanya timbul di toilet tersebut.

Dengan banyaknya bahan dasar dari buah-buahan menjadikan aroma ruangan toilet menjadi lebih segar dan nyaman.

Tujuan kegiatan ini, sambungnya, secara umum bukan sekedar menjadikan ruang toilet sekolah lebih bersih dan nyaman, namun juga bisa menginspirasi siswa dan ekskul yang lain melakukan kegiatan yang sama. Karena hal ini bermaksud juga meningkatkan rasa memiliki dari seluruh elemen yang ada di sekolah. 

Terakhir, sisa hasil panen eco enzyme dibagikan ke anggota PMR agar bisa digunakan di rumah dan untuk selanjutnya bila dirasa sangat bermanfaat, akan timbul keinginan untuk membuat dan memanfaatkannya lebih lanjut."pungkasnya.(r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال