Dua TKI Ilegal Asal NTT di Jemput Disnaker Jember

 

Jember.SGI. Berawal mendapat informasi dari BP2 MI surabaya kalau ada 2 TKI ilegal asal Nusa Tenggara Timur yang ingin ke Malaysia, Disnaker Jember bersama SBMI ( serikat buruh migran Indonesia) langsung bertindak cepat untuk menjemput dua TKI tersebut di desa kencong kecamatan kencong kabupaten jember, Jatim. Rabu malam, 01/03/2023.

Dengan didampingi Polsek Kencong tim dari Disnaker Jember dan SBMI mendatangi salah satu rumah warga yang diduga sebagai tempat penampungan dua tenaga kerja itu.

Ridha Herawati selaku Sub Koordinator Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Disnas tenaga kerja Kabupaten Jember saat di temui awak media menjelaskan, kita mendapat informasi dari BP2 MI surabaya mulanya ada satu warga NTT di wilayah desa Kencong, lalu kami koordinasi dengan Camat Kencong, SBMI dan Polsek Kencong untuk menelusuri keberadaan TKI tersebut," jelasnya.

TKI tersebut atas nama Maria Ebe Hayon asal desa Konga Kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur, NTT, setelah mendapatkan informasi keberadaannya yang berada di rumah Aryo Sukamto warga dusun Wunguan desa Kencong diduga penyalur tenaga kerja luar negeri.

Setelah kita temukan ternyata ada satu lagi TKI atas nama Yosefina Pega Wutun asal desa Lerek , Kecamatan Atadei, NTT, jadi ada dua TKI di rumah tersebut. Saat ini kita sedang mediasi untuk membujuk kedua TKI Ilegal tersebut agar mau kita bawah ke Lipposos selanjutnya kita pulangkan ke rumah masing masing," terang Rida.

Kami menghimbau kepada masyarakat apabila ingin bekerja keluar Negeri sebaiknya lewat jalur yang resmi atau Legal harus melalui Dinas Tenaga Kerja.

Menurut pengakuan kedua TKI tersebut akan diberangkatkan dua hari lagi ke Negara Malaysia, tambahnya.

Muhammad Irfan Yunus selaku Kasun dusun Wunguan desa Kencong mengatakan, saya sempat terkejut bawasanya ada warga dari NTT, sedangkan pemilik rumah sendiri (Aryo) tidak pernah laporan, informasinya mereka sudah 15 hari memang keluarga ini tertutup selama ini," katanya.(r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال