Awal Ramadan 1444 H, PMR SMAN Pakusari Membuat Eco Enzyme Ramah Lingkungan

 

JEMBER.SGI. PMR SMAN Pakusari tak pernah sepi dengan kegiatan-kegiatan positif. Menjelang bulan Ramadan 1444 H, sebelum libur awal puasa, mereka menyelenggarakan kegiatan pembuatan Eco Enzyme (EE) di sekolah. Tepatnya pada hari Selasa, tanggal 21 Maret 2023. 

Mereka membuat Eco Enzyme  mulai pukul 12.30 hingga 15.00. Sebanyak  30 orang anggota PMR SMAN Pakusari mengumpulkan bahan-bahan organik yang dibutuhkan seperti limbah buah-buahan dan sayuran. Kemudian bahan itu dicampur dengan  larutan gula merah dan bersama bahan lainnya. 

Menurut Rika Putri Wardani, salah satu anggota PMR SMAN Pakusari pernah membuat Eco Enzyme, “Pembuatan Eco Enzyme lebih cepat karena  kita  sebelumnya sudah pernah membuat,” imbuhnya. 

Bahkan,  hasil panen Eco Enzyme sebelumnya sebagian sudah diaplikasikan untuk bersih-bersih toilet sekolah. “Kini  banyak permintaan dari warga sekolah setelah tahu manfaatnya, maka kita sepakat untuk membuat Eco Enzyme  lagi,” terangnya. 

Selain itu, PMR SMAN Pakusari membuat cairan Eco Enzyme ini juga untuk memeriahkan Hari PMR yang jatuh tepat bulan 1 Maret. “Kalau bukan kita, anggota PMR, siapa lagi yang akan memeriahkan,” ujarnya. 

Dari kegiatan di hari itu dihasilkan 5 galon Eco Enzyme yang diperkirakan bisa dipanen di akhir bulan Juni karena prosesnya berlangsung selama 3 bulan.

“Kegiatan lebih lanjut adalah melakukan kegiatan serupa kolaborasi dengan warga sekolah yang lain seperti kelompok LH (Lingkungan Hidup). Karena selain membangun kebersamaan, juga memupuk jiwa peduli lingkungan,” tambahnya. (r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال