Hadapi Ancaman Bencana Alam, PMI Siapkan Tim Khusus Satgana

 

Jember.SGI. Palang Merah Indonsia (PMI) Kabupaten Jember segera menyiapkan personil untuk pembentukan satuan siaga penangulangan bencana (satgana). Satgana akan menjadi garda terdepan dalam aksi kemanusiaan. 

Untuk itu, PMI kabupaten Jember secara khusus mengelar rapat dengan dipimpin langsung  kepala markas PMI Kabupaten Jember Letkol purnawirawan Sumarno, Rabu (21/2).  PMI Kabupaten Jember diminta menyiapkan tim Satgana, salah satunya  melaksanakan diklat pendidikan dan pelatihan (diklat) khusus untuk satgana yang terpilih. 

Rapat koordinasi tersebut ini dibuka langsung oleh kepala markas PMI Kabupaten Jember Letkol purnawirawan Sumarno. “Kita sebagai relawan harus selalu siap menghadapi berbagai keadaan, termasuk keadaan darurat maka perlu dibentuk Satgana,” kata kepala markas PMI Kabupaten Jember Letkol purnawirawan Sumarno. 

Satgana PMI adalah tim relawan yang siap dimobilisasi untuk melaksanakan pelayanan tanggap darurat bencana. Pembinaan dan penugasan Satgana PMI dilakukan oleh PMI Kabupaten, PMI Daerah, dan PMI Pusat. “PMI kabupaten Jember juga perlu membentuk satgana. Mengingat daerah Jember dan sekitarnya rawan bencana alam,” imbunya.  Seperti bencana banjir, tanah longsor, gunung meletus, angin puting beliung dan sebagainya. 

Harapan kedepan dalam pembentukan satgana PMI ini menjadi garda terdepan dalam kemanusiaan dalam penangaan bencana alam. Satgana PMI ini nantinya berisikan dari KSR unit Markas dan Perguruan tinggi yang telah mendaftar ada sekitar 32 personil. Kedepannya anggota ini siap siaga dalam menanggapi kebencanaan,’ ucap Elvana Kusdiyanto  Kabid Pelayanan Markas PMI Kabupaten Jember. 

Menurut dia, Satgana secara khusus merupakan satuan tanggap darurat bencana. Ketika terjadi bencana di suatu wilayah, maka tim Satgana akan diterjunkan guna membantu para korban. “Nantinya akan ada pelatihan pelatihan khusus bagi personil Satgana PMI untuk memudahkan dalam mengelompokkan kompetensi masing-masing anggota,” ungkapnya. (r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال