Distrik 2 PMI Kabupaten Jember; Gelar Latgab Tingkatkan Kompetensi First Aid Pelajar Masa Kini

 

JEMBER.SGI. Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Distrik 2 PMI Kabupaten Jember menggelar latihan gabungan (Latgab) Minggu, 28 Januari 2024  di SMA Negeri 1 Kencong. Latihan Gabungan Forpis Distrik  2 PMI Kabupaten Jember ini untuk meningkatkan kualitas dan keahlian sebagai relawan PMI. Khususnya tentang First Aid/ pertolongan pertama. 

Para peserta merupakan anggota PMR yang didelegasikan oleh PMR  dari masing - masing sekolah. Dengan jumlah total 60 pelajar dari berbagai sekolah di wilayah Barat Kabuaten Jember.

Pada Latihan Gabungan kali ini, mengupayakan peningkatan kapasitas dikalangan pelajar untuk dapat mengimplementasikan pada kehidupan sehari – hari.  Terutama di sekolah dan masyarakat. Peserta dalam latgab ini dibekali pemahaman mulai dari Penilaian Korban, Hingga penanganan kasus. Antara lain kasus  perdarahan dan syok, cidera jaringan lunak, dan cidera otot rangka.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ka.bid Pelayanan PMI Kabupaten Jember Elvana Kusdijanto serta Koordinator Forum Relawan PMI Kabupaten Jember Wildan Firdaus dan beberapa anggota KSR PMI Kabupaten Jember.

Setelah pemberian materi para peserta juga di uji dengan menangani kasus - kasus pertolongan pertama yang diberikan. “Hasilnya para peserta diharap mampu memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat terutama di lingkungan sekolah,” kata Elvana Kusdijanto  Kabid. Pelayanan PMI Kabupaten Jember.

Jihan Nurhaliza Koordinator Forpis Distrik 2 PMI Kabupaten Jember menuturkan bahewa kegiatan latgab ini penting bagi PMR wilayah Barat. “Untuk meningkatkan kapasitas para relawan muda, maka kegiatan ini sangat penting untuk kita pelajari dan nantinya kita bisa berbagi ke rekan rekan kita di masing-masing unit,” ujar Jihan Nurhaliza.

“Perlu kita ingat PMR tidak hanya sekedar menjadi Organisasi  di sekolah, tetapi juga harus bisa berfikir dan bersikap kritis dalam memperjuangkan nilai makna kepalangmerahan di masyarakat terutama dalam hal pertolongan pertama” ujar Didit Prayitno selaku Fasilitator sekaligus PIC Kegiatan ini.

Faizin selaku Fasilitator dan Relawan PMI Kabupaten Jember yang berdomisili dalam wilayah Forpis Distrik 2 PMI Kabupaten Jember menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Latbag Forpis Distrik 2 ini.  “ Kami sangat mendukung penuh kegiatan ini, apalagi jika dapat rutin diadakan, kegiatan seperti ini perlu masuk dalam agenda tahunan sebagai upaya menambah ilmu, wawasan dan kawan” ujar Faizin. (r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال