. Eddy Paripurna Sapa dan Tampung Aspirasi masyarakat Melalui Kegiatan Reses di Desa Karanggegger

 

Probolinggo,SGI. Masa reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat. Reses merupakan kewajiban bagi anggota legislatif dalam menjaring informasi untuk kemudian disalurkan. 

Hal ini yang juga dilaksanakan oleh Drs H Eddy Paripurna M.Si, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur yang sekaligus Ketua Bidang Pertanian, Kehutanan dan SDM DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang pada masa reses 12 hingga 19 Juli 2023 ini, berkesempatan menyapa dan menyerap aspirasi masyarakat yang ada diwilayah Dapilnya melalui kegiatan reses, Sabtu (15/7) malam.

Acara reses yang ditempatkan di kediaman Winda Wahyu Ningtyas di Desa Karanggegger Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo ini dihadiri ratusan warga serta kader partai yang ada disekitar kecamatan Pajarakan.

Winda Wahyu Ningtyas, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Fraksi PDI-P selaku tuan rumah dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan reses ini merupakan momen untuk menyampaikan aspirasi "Mumpung saat ini telah hadir ditengah-tengah kita, anggota DPRD Provinsi, maka kami minta apa yang menjadi keinginan atau aspirasi dari warga agar disampaikan. Kami yakin apa yang menjadi harapan masyarakat, Insya Allah akan dapat diakomodir."ujarnya.

Sementara H. Eddy Paripurna saat menyampaikan sambutan mengatakan salah satu fungsi legislatif yakni membantu percepatan pembangunan utamanya pada tingkat desa. "Reses ini selain menjadi ajang silaturahmi, juga menjadi peluang bagi masyarakat untuk menyampaikan apa yang menjadi keinginan terutama yang berhubungan dengan kepentingan bersama."ujar politisi asal Pandaan Pasuruan ini.

Lebih lanjut Eddy menambahkan bahwa DPR punya tanggungjawab untuk menampung dan meneruskan aspirasi dari masyarakat. "DPR wajib hukumnya menyerap aspirasi dan selanjutnya bertanggungjawab meneruskan guna merealisasikan apa yang menjadi keinginan masyarakat, terlebih anggota legislatif diberi wewenang oleh Gubernur untuk menyampaikan usulan terkait program yang ada ditingkat desa demi memberi kontribusi bagi kemajuan wilayah desa."tambahnya.

Menurut Eddy Paripurna, warga hendaknya lebih bisa menunjukkan kepekaan termasuk dalam memilih wakilnya di DPR. Jangan sampai dalam lima tahun, warga salah memilih wakilnya yang hanya melakukan pendekatan saat akan mencalonkan diri menjadi legislatif, namun selama lima tahun tidak ada hal positif yang bisa diterima oleh masyarakat.

"Bagaimana pada tahun 2024 nanti, njenengan dapat menyampaikan pilihan secara benar baik DPRD kabupaten dan propinsi, DPD RI maupun Presiden."pungasnya.

Agenda reses ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dari para undangan dengan anggota legislatif (Eddy Paripurna). Berbagai pertanyaan dapat dijawab dengan lugas oleh Eddy termasuk menyangkut persoalan kebutuhan pupuk yang sangat dibutuhkan petani.

Ditempat yang sama, Bawon Santoso selaku Kades Karanggegger yang kebetulan diundang dalam kegiatan reses tersebut saat dimintai tanggapan mengatakan bahwa kegiatan reses ini bisa dijadikan sarana untuk melakukan pendekatan antara anggota DPR dan masyarakat tingkat bawah. 

"Kami berharap pertemuan dalam agenda reses ini dapat menambah wawasan pada masyarakat desa ini, termasuk berkaitan dengan memilih wakilnya dikursi DPR terlebih ke pemilihan presiden tahun 2024 mendatang."ujar Kades dua periode ini. (Har).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال