Deklarasi JAPTI Dukung Prabowo Subianto Presiden RI 2024

 

Jember.SGI. Minggu siang 11/6/23, Jaringan Petani Tembakau Indonesia (JAPTI) Menggelar pertemuan bertempat di Rumah Bung Ruslan Jl. Raya Kencong Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jaringan Petani Tembakau Indonesia (JAPTI) wilayah Jawa Timur mendeklarasikan untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai Presidan Republik Indonesia periode 2024 - 2029, Pertemuan dihadiri dari pengurus Jaringan Petani Tembakau Indonesia di 9 Kabupaten.

Di antaranya adalah Kab Jember, Kab. Bondowos, Kab. Kab Situbondo, Kab. Banyuwangi, Kab Probolinggo, Kab Lumajang, Kab. Pasuruan, yang tergabung dalam tapal kuda dan di tambah Kab.Lamongan serta Kab. Tulung agung.

Menurut koordinator Nasional Jaringan Petani Tembakau Indonesia JAPTI (Sri maryati) Mengungkapkan, bahwa tembakau merupakan salah satu industri yang menopang perekonomian indonesia, bahkan industri ini mampu menyumbang 10% APBN Negara, patut kita ketahui bahwa kinerja industri hasil tembakau di Indonesia mencatatkan kontribusi terhadap APBN pada tahun 2020 sebesar 10,11 persen," ungkapnya.

Penerimaan cukai sepanjang tahun 2020 mencapai Rp205,68 triliun rupiah dengan proporsi terbesar Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebesar Rp170,24 triliun rupiah atau naik sebesar 3,24 persen. Dengan demikian bisa dibilang bahwa tembakau merupakan salah satu "pahlawan" instrumen APBN, oleh karenanya "membunuh" dan "mengkriminalisasi" tembakau adalah bentuk prilaku "kriminil" yang patut di lawan.

Namun akhir-akhir ini Muncul RUU Kesehatan, bahwa tembakau dimasukkan kedalam zat adiktif, dalam pasal 154 bahwa tembakau disejajarkan dengan zat adiktif seperti psikotopika, narkotika, dan alkohol. 

Disisi lain masyarakat Indonesia yang bergantung dengan industri tembakau berjumlah sekitar 6 juta jiwa. Apabila RUU ini disahkan, secara tidak langsung akan menjadikan petani tembakau, maupun pelaku Industri Hasil Tembakau (IHT) akan dimasukkan dalam kategori kriminil selayaknya penanam ganja. 

Sri Maryati koordinator JAPTI Nasional juga menambahkan, bahwa Pak Prabowo sangat familiar dimasyarakat Indonesia, beliau mempunyai tekad kuat untuk memperjuangkan hak-hak petani termasuk petani tembakau dalam menyikapi RUU Kesehatan ini, yang isinya banyak merugikan petani tembakau maupun pekerja buruh di Indonesia," tambahnya.

Selain itu juga koordinator JAPTI Jawa Timur Muhamad yazid juga mengatakan, pak Prabowo Subianto itu merupakan pemimpin yang pantas didukung untuk menjadi Presiden 2024.

Sebab, Beliau merupakan sosok pemimpin yang berpengalaman dan juga telah teruji selama dia menjabat sebagai Menteri Pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kami juga yakin Bpk Probowo lah sosok pemimpin yang berani melindungi para petani tembakau sebab beliau memiliki banyak pengalaman dalamy memimpin organisasi tani Serta mampu menumbuhkan kedaulatan petani sebagai soko guru ketahanan Negara yang kita cintai.(h/r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال