Sengketa Tanah TKD Dua Desa di Kecamatan Umbulsari Jember Berahkir Damai

 

Jember.SGI. kasus tanah TKD di desa Gading Rejo dan desa Gunungsari kecamatan Umbulsari, Jember, yang sempat jadi perselisihan kedua desa tersebut berahkir damai setelah dilakukan mediasi oleh Muspika Umbulsari, selasa 16 mei 2023.

Berawal dari miskomunikasi kedua desa dan timbullah perselisihan tanah kas desa (TKD) yang selama ini belum jelas, untuk menjaga situasi yang kondusif pihak Muspika mengundang kedua belah pihak untuk bermediasi.

Bertempat di salah satu ruangan kecamatan Umbulsari, Jember, di hadiri Muspika Umbulsari, kepala desa Gadingrejo, Kades Gunungsari dan Kuasa Hukumnya.

Menurut Kuasa Hukum kades Gunungsari Lukman Hakim. SH mengatakan, selepas rapat interen tadi langsung menemui klien kami dan menyatakan bahwa kedua belah pihak telah menyerahkan obyek sengketa jadi pemerintah desa Gadingrejo menyerahkan tanah yang sebelumnya telah di garap seluas kurang lebih 7000 meter persegi kepada klien kami desa Gunungsari.

Kami akan meminta pendapat dari klien kami , apakah masalah ini tetap terus apa tidak sebab dalam mediasi tadi sudah ada kesepakatan damai,ujar kuasa hukum kades Gunungsari Lukman.

Sementara itu Camat Umbulsari Akbar Wasis saat ditemui awak media usai rapat menjelaskan, ya hari ini kita selaku muspika Umbulsari mencoba untuk memediasi konflik tanah TKD antara desa Gadingrejo dan Gunungsari yang ada di desa Mayangan Kecamatan Gumukmas.

Syukur Alhamdulillah dari hasil pertemuan ini kedua belah pihak sepakat damai dan deel tidak ada permasalahan lagi, kami berharap mudah mudahan kedepan bisa bersinergi, kolaborasi dan kordinasi baik di kecamatan maupun desa untuk bersama membangun Kecamatan Umbulsari," jelas Akbar.

Senada Kapolsek Umbulsari AKP. Luthfi juga menyampaikan, berdasarkan undangan dari camat Umbulsari terkait permasalahan tanah TKD 2 desa, syukur alhamdulillah hari ini bisa terselesaikan dengan menghasilkan wimwim solusi yaitu tidak merugikan kedua belah pihak," terang Kapolsek.

Saya bersama Danramil menghimbau kepada kedua belah pihak untuk menahan diri gunakan kepala dingin dalam menyikapi permasalahan segala sesuatu bisa diselesaikan dengan damai, saya harap kepada masyarakat mari kita menjaga situasi yang aman dan kondusif di Kecamatan Umbulsari ini," pungkasnya.(h/r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال