Begini Petrus Praktik Langsung Membuat Eco Enzyme dari Limbah Organik

 

JEMBER.SGI. Anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMPK St. Petrus Kabupaten Jember manfaatkan limbah organik menjadi Eco Enzyme Rabu, 15 Maret 2023. Kegiatan membuat Eco Enzyme  sebagai bangian dari Peringatan HUT ke-73 PMR sekaligus untuk Lestarikan Lingkungan. 

Kegiatan diawali dengan  sosialisasi oleh Bu Dina selaku aktivis komunitas Eco Enzyme kepada para siswa SMPK St. Petrus. Bu Dina  memaparkan apa itu eco  enzyme, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara pembuatannya. 

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan praktek pembuatan langsung dengan bahan - bahan yang telah ditentukan dan disiapkan oleh para siswa. Total 19 siswa - siswi yang merupakan anggota PMR SMPK St. Petrus mengikuti kegiatan ini, didampingi 1 pembina, 2 Fasilitator, dan 4 KSR PMI. 

Pada kegiatan ini, para siswa sudah terbagi menjadi beberapa kelompok dengan tugas yang berbeda. Mulai dari kelompok yang mengumpulkan bahan,  memotong bahan menjadi bagian kecil, melarutkan molase pada air, dan kemudian mencampur seluruh bahan. 

Para siswa terlihat sangat antusias karena kegiatan ini merupakan yang pertama kali, dan salah satu kegiatan yang bentuk nya adalah praktek sehingga tidak monoton dan membuat jenuh para siswa. Dalam kegiatan ini mereka telah membuat 7 galon dengan total 70 liter cairan bakal Eco Enzyme.

 Alia selaku Fasilitator PMR SMPK St. Petrus menyampaikan  kegiatan banyak manfaatnya. “Kegiatan ini bertujuan memberikan pengajaran kepada siswa - siswi untuk melestarikan lingkungan dengan memanfaatkan limbah organik menjadi suatu yang bermanfaat,” ujar Alia. 

Pembina PMR SMPK St. Paulus Bu Erlinda juga mendukung penuh kegiatan ini dengan terjun langsung mendampingi siswa siswinya dalam praktek pembuatan Eco enzyme. “Dengan adanya kegiatan ini upaya pengajaran tentang pelestarian lingkungan juga sebagai bentuk peringatan dalam Hari Ulang Tahun ke 73 Palang Merah Remaja,” pungkasnya. (r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال