Relawan PMI Bantu Korban Banjir di Dua Lokasi

 

JEMBER.SGI. Relawan PMI Kabupaten Jember proaktif membantu korban banjir di musim hujan di Kabupaten Jember. Relawan PMI bersama masyarakat dan BPBD berjibaku membersihkan material lumpur di dua lokasi terdampak banjir sungai Dinoyo dan sungai jompo, Jum'at sore (24/2). 

Tujuh relawan PMI yaitu Mamang Pratidina (Pengurus Bid PB),  Rupiyanto (Kepala Markas),  Gigih Priyambodo (Sub.Bidang PB & SDM),  M. Faiturrahman (Staf PB dan SDM),  Wachid Budhi Santoso (Staf PB dan SDM),  Juhari (Staf bid. Administrasi),  Imam Rosidi (Staf bid. Yankes) dan  Slamet (Driver). 

“Relawan PMI proaktif membantu korban bencana alam. Salah satunya korban banjir di sungai Dinoyo dan sungai jompo, Jum'at sore (24/2),” kata Rupiyanto  Kepala Markas PMI Kabupaten Jember. Dalam hal ini, sambungnya, PMI supporting pemkab Jember, khususnya BPBD dalam penanganan bencana alam banjir. 

Bahkan,  pekan lalu, PMI Kabupaten Jember membantu korban banjir di dua lokasi sekaligus.  Banjir luapan sungai Jompo di kampung Ledok kelurahan Jember Lor terjadi  di kediaman Bupati Jember Hendy Siswanto.

“Saat itu hujan deras sejak pukul 12.00 WIB yang menyebabkan beberapa aliran sungai di wilayah  Jember mengalami peningkatan volume. Pada pukul 14.30 WIB kediaman Bapak Bupati yang juga Pelindung PMI Kabupaten Jember terendam oleh air luapan sungai Jompo,” imbuhnya. 

Saat kejadian ketinggian air mencapai kurang lebih 1 meter namun hal ini tidak beralangsung lama karena air segera surut. “Air juga merendam perumahan warga disekitar rumah Bapak Bupati, Bapak Haji Hendy  Siswanto,” ujarnya. 

Sedangkan banjir di Dusun Krajan RT/RW 02/21, Desa Rambipuji, Kecamatan Rambipuji pukul 14.15 WIB air mulai meluap dan memasuki wilayah pemukiman warga di Dusun Krajan, Desa Rambipuji, Kec. Rambipuji.

Ketinggian rata rata air yang masuk ke rumah warga saat kejadian kurang lebih 150 Cm. Air mulai menyusut pada pukul 15.00 WIB. Aliran air sungai yang meluap membawa material lumpur. Pasca surutnya air, warga mulai bekerja sama untuk membersihkan sisa lumpur menggunaoan alat seadanya di bantu oleh relawan organisasi lain,” ujarnya. (r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال